Jumat, 04 September 2015

Pengantar Ilmu Komunikasi



Nama : Agvianto Putro
Kelas : DG 1 B
NIM  : 1615030071
Tugas pertemuan ke 1
Mata kuliah : Dasar - Dasar komunikasi

Dasar Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Manusia pada dasarnya sudah dapat berkomunikasi
tanpa mempelajari ilmu komunikasi, manusia beranggapan
bahwa dia bisa berkominikasi tanpa belajar ilmu komunikasi. 
Pandangan seperti ini menempatkan ilmu komunikasi pada posisi 
yang sangat sempit, sebab iya tidak melihat komunikasi sebagai 
suatu profesi yang bisa membantu diri seseorang dalam meningkatkan 
peranannya sebagai anggota masyrakat, dalam hubungan antarmanusia
dan dalam bentuk meningkatkan kreativitas.

Beberapa alasan yang mendorong perlunya
Komunikasi : 

1. Komunikasi yang baik dengan orang lain akan membantu seseorang 
    mempermudah mendapatkan rezeki. 

2. Semakin banyak orang yang tidak mengenal etika dalam berkomunikasi.
    Dalam menyampaikan pendapat seenaknya menggucapkan kata - kata 
    yang bisa menyinggun perasaan orang lain sehingga memutuskan 
    silaturahmi atau hubungan kemanusiaan.
 

3. Dengan memahami ilmu komunikasi, seseorang dapat menjadi pekerja yang 
    terampil dan profesional. 

4. Perkembangan teknologi komunikasi dapat mejadikan seseorang lebih terampil 
    lagi dalam bidang teknologi.

Komunikasi sebagai seni, ilmu, dan lapangan kerja.
Sebagai seni, komunikasi memiliki : 

1. Nilai estetika
    Nilai estetika yang di terapkan dalam praktik - pratik komunikasi, 
    contohnya seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio 
    dan televisi, seni grafika, retorika, akting, penulisan skenario penulisan 
    buku, dan lain sebagainya.

2. Fungsi hiburan
    Sebagai suatu media hiburan untuk mengisi waktu luang, 
    contohnya seperti menonton televisi, membaca surat kabar 
    atau majalah.

Sebagai ilmu, komunikasi memiliki objek pengamatan. 
Maksud dari sebagai ilmu komunikasi, misalnya konflik sosial 
antara kelompok- kelompok masyrakat, dan lain - lain.

Sebagai lapangan kerja, komunikasi menjadi profesi dalam   
berbagai lapangan kehidupan yang menjadi sumber mata 
pencaharian. Contohnya jurnalistik, public relations, 
penulis, penyiar, dosen, artis, periklanan dan lain sebagainya.

Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi” 
               Karangan Prof. Dr H Hafied Cangara, M.Sc

Jenis - Jenis Komunikasi

Klasifikasi tipe atau bentuk komunikasi berbeda satu sama lainnya.

Tipe atau jenis komunikasi dibagi atas empat macam tipe :

1. Komunikasi dengan diri sendiri
    Merupakan proses komunikasi yang terjadi di dalam diri manusia itu 
    sendiri, atau dengan nama lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.

2. Komunikasi Antarpribadi
    Merupakan proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang 
    atau lebih secara tatap muka.

3. Komunikasi Publik
    Disebut juga komunikasi pidato, dimana satu yang berbicara 
    memberikan informasi di depan khalayak ramai.

4. Komunikasi Massa
    Dimana pesan komunikasi itu dikirim melalui  sumber yang 
    melembaga melalui alat perantaran, seperti radio, televisi, 
    surat kabar, dan film.

Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi” 
               Karangan  Prof. Dr. H Hafied Cangara, M.Sc

Model - Model Komunikasi  

Model ialah suatu gambaran yang sistematik dan abstrak

Model dibangun agar kita dapat mengidentifikasi,menggambarkan atau 
mengategorisasikan komponen - komponen yang relevan dari suatu proses.

Ada tiga model komunikasi yang perlu diketahui, yakni model analisis 
dasar komunikasi, model proses komunikasi, dan model komunikasi partisipasi.

1. Model Analisis Dasar Komunikasi
    Model ini dinilai sebagai model klasik atau model pemula komunikasi.

2. Model Proses Komunikasi
    Model ini menggambarkan komunikasi sebagai proses yang dinamis.

3. Model Komunikasi Partisipasi Yaitu komunikasi sebagai suatu proses yang 
    memiliki kecenderungan bergerak ke arah satu titik temu.

 Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi” 
                Karangan Prof. Dr H Hafied Cangara, M.Sc 

 Komunikasi Dan Periklanan

Komunikasi periklanan adalah penyampaian pesan penawaran mengenai suatu produk, jasa atau ide kepada khayalak (konsumen) melalui media massa. 

 unsur- unsur komunikasi sebagai berikut:

1. Produk
    Sumber komunikasi adalah produsen yang menjadi pemilik  produk/jasa/ide
    yang akan ditawarkan.

2. Iklan
    Iklan adalah pesan-pesan penawaran yang dibuat untuk    membantu
    menjual   produk/jasa yang dimaksud.

3. Saluran / Media 
    Adalah alat perantara yang digunakan dalam menyalurkan pesan
    penawaran kepada komsumen.  

 4. Audiens  
    Audiens orang yang menjadi sasaran penyampaian iklan.

5. Efek
    Efek adalah tujuan yang diharapkan oleh komunikasi periklanan.

Sumber : https://ruangdosen.wordpress.com/2010/04/04/iklan-
                dan-komunikasi-pemasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar