Nama : Agvianto Putro
Kelas : DG 1 B
NIM : 1615030071
Tugas pertemuan ke 1
Mata kuliah : Dasar - Dasar komunikasi
Tugas pertemuan ke 1
Mata kuliah : Dasar - Dasar komunikasi
Dasar
Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Manusia pada dasarnya sudah dapat
berkomunikasi
tanpa mempelajari ilmu komunikasi,
manusia beranggapan
bahwa dia bisa berkominikasi tanpa
belajar ilmu komunikasi.
Pandangan seperti ini menempatkan ilmu komunikasi pada posisi
yang sangat sempit, sebab iya tidak melihat komunikasi sebagai
suatu profesi yang bisa membantu diri seseorang dalam meningkatkan
peranannya sebagai anggota masyrakat, dalam hubungan antarmanusia
dan dalam bentuk meningkatkan kreativitas.
Pandangan seperti ini menempatkan ilmu komunikasi pada posisi
yang sangat sempit, sebab iya tidak melihat komunikasi sebagai
suatu profesi yang bisa membantu diri seseorang dalam meningkatkan
peranannya sebagai anggota masyrakat, dalam hubungan antarmanusia
dan dalam bentuk meningkatkan kreativitas.
Beberapa alasan yang mendorong perlunya
Komunikasi :
1. Komunikasi yang baik dengan orang lain akan membantu seseorang
mempermudah mendapatkan rezeki.
1. Komunikasi yang baik dengan orang lain akan membantu seseorang
mempermudah mendapatkan rezeki.
2. Semakin banyak orang yang tidak mengenal etika dalam berkomunikasi.
Dalam menyampaikan pendapat seenaknya menggucapkan kata - kata
yang bisa menyinggun perasaan orang lain sehingga memutuskan
silaturahmi atau hubungan kemanusiaan.
3. Dengan memahami ilmu komunikasi, seseorang dapat menjadi pekerja yang
terampil dan
profesional.
4. Perkembangan teknologi komunikasi dapat mejadikan seseorang lebih terampil
4. Perkembangan teknologi komunikasi dapat mejadikan seseorang lebih terampil
lagi dalam bidang
teknologi.
Komunikasi sebagai seni, ilmu, dan lapangan kerja.
Sebagai seni, komunikasi memiliki :
1. Nilai estetika
Nilai estetika yang di terapkan dalam praktik - pratik komunikasi,
contohnya seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio
dan televisi, seni grafika, retorika, akting, penulisan skenario penulisan
buku, dan lain sebagainya.
2. Fungsi hiburan
Sebagai suatu media hiburan untuk mengisi waktu luang,
contohnya seperti menonton televisi, membaca surat kabar
atau majalah.
Sebagai ilmu, komunikasi memiliki objek pengamatan.
Maksud dari sebagai ilmu komunikasi, misalnya konflik sosial
antara kelompok- kelompok masyrakat, dan lain - lain.
Sebagai lapangan kerja, komunikasi menjadi profesi dalam
berbagai lapangan kehidupan yang menjadi sumber mata
pencaharian. Contohnya jurnalistik, public relations,
penulis, penyiar, dosen, artis, periklanan dan lain sebagainya.
Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi”
Karangan Prof. Dr H Hafied Cangara, M.Sc
Jenis - Jenis Komunikasi
Komunikasi sebagai seni, ilmu, dan lapangan kerja.
Sebagai seni, komunikasi memiliki :
1. Nilai estetika
Nilai estetika yang di terapkan dalam praktik - pratik komunikasi,
contohnya seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio
dan televisi, seni grafika, retorika, akting, penulisan skenario penulisan
buku, dan lain sebagainya.
2. Fungsi hiburan
Sebagai suatu media hiburan untuk mengisi waktu luang,
contohnya seperti menonton televisi, membaca surat kabar
atau majalah.
Sebagai ilmu, komunikasi memiliki objek pengamatan.
Maksud dari sebagai ilmu komunikasi, misalnya konflik sosial
antara kelompok- kelompok masyrakat, dan lain - lain.
Sebagai lapangan kerja, komunikasi menjadi profesi dalam
berbagai lapangan kehidupan yang menjadi sumber mata
pencaharian. Contohnya jurnalistik, public relations,
penulis, penyiar, dosen, artis, periklanan dan lain sebagainya.
Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi”
Karangan Prof. Dr H Hafied Cangara, M.Sc
Jenis - Jenis Komunikasi
Klasifikasi
tipe atau bentuk komunikasi berbeda satu sama lainnya.
Tipe atau jenis komunikasi dibagi atas empat macam tipe :
1. Komunikasi dengan diri sendiri
Merupakan proses komunikasi yang terjadi di dalam diri manusia itu
sendiri, atau dengan nama lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.
2. Komunikasi Antarpribadi
Merupakan proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang
atau lebih secara tatap muka.
3. Komunikasi Publik
Disebut juga komunikasi pidato, dimana satu yang berbicara
memberikan informasi di depan khalayak ramai.
4. Komunikasi Massa
Dimana pesan komunikasi itu dikirim melalui sumber yang
melembaga melalui alat perantaran, seperti radio, televisi,
surat kabar, dan film.
Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi”
Karangan Prof. Dr. H Hafied Cangara, M.Sc
Model - Model Komunikasi
Model ialah suatu gambaran yang sistematik dan abstrak
Model dibangun agar kita dapat mengidentifikasi,menggambarkan atau
mengategorisasikan komponen - komponen yang relevan dari suatu proses.
Ada tiga model komunikasi yang perlu diketahui, yakni model analisis
dasar komunikasi, model proses komunikasi, dan model komunikasi partisipasi.
1. Model Analisis Dasar Komunikasi
Model ini dinilai sebagai model klasik atau model pemula komunikasi.
2. Model Proses Komunikasi
Model ini menggambarkan komunikasi sebagai proses yang dinamis.
3. Model Komunikasi Partisipasi Yaitu komunikasi sebagai suatu proses yang
memiliki kecenderungan bergerak ke arah satu titik temu.
Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi”
Karangan Prof. Dr H Hafied Cangara, M.Sc
Komunikasi Dan Periklanan
Tipe atau jenis komunikasi dibagi atas empat macam tipe :
1. Komunikasi dengan diri sendiri
Merupakan proses komunikasi yang terjadi di dalam diri manusia itu
sendiri, atau dengan nama lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.
2. Komunikasi Antarpribadi
Merupakan proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang
atau lebih secara tatap muka.
3. Komunikasi Publik
Disebut juga komunikasi pidato, dimana satu yang berbicara
memberikan informasi di depan khalayak ramai.
4. Komunikasi Massa
Dimana pesan komunikasi itu dikirim melalui sumber yang
melembaga melalui alat perantaran, seperti radio, televisi,
surat kabar, dan film.
Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi”
Karangan Prof. Dr. H Hafied Cangara, M.Sc
Model - Model Komunikasi
Model ialah suatu gambaran yang sistematik dan abstrak
Model dibangun agar kita dapat mengidentifikasi,menggambarkan atau
mengategorisasikan komponen - komponen yang relevan dari suatu proses.
Ada tiga model komunikasi yang perlu diketahui, yakni model analisis
dasar komunikasi, model proses komunikasi, dan model komunikasi partisipasi.
1. Model Analisis Dasar Komunikasi
Model ini dinilai sebagai model klasik atau model pemula komunikasi.
2. Model Proses Komunikasi
Model ini menggambarkan komunikasi sebagai proses yang dinamis.
3. Model Komunikasi Partisipasi Yaitu komunikasi sebagai suatu proses yang
memiliki kecenderungan bergerak ke arah satu titik temu.
Sumber : “Pengantar Ilmu Komunikasi”
Karangan Prof. Dr H Hafied Cangara, M.Sc
Komunikasi Dan Periklanan
Komunikasi periklanan adalah penyampaian pesan penawaran mengenai suatu produk, jasa atau ide kepada khayalak (konsumen) melalui media massa.
unsur- unsur komunikasi sebagai berikut:
1. Produk
Sumber komunikasi adalah produsen yang menjadi pemilik produk/jasa/ide
yang akan ditawarkan.
2. Iklan
Iklan adalah pesan-pesan penawaran yang dibuat untuk membantu
menjual produk/jasa yang dimaksud.
3. Saluran / Media
Adalah alat perantara yang digunakan dalam menyalurkan pesan
penawaran kepada komsumen.
4. Audiens
Audiens orang yang menjadi sasaran penyampaian iklan.
5. Efek
Efek adalah tujuan yang diharapkan oleh komunikasi periklanan.
Sumber : https://ruangdosen.wordpress.com/2010/04/04/iklan-
dan-komunikasi-pemasaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar